-->

Ragam Manfaat Tanaman Kelapa Bagi Manusia

Post a Comment
Apa saja manfaat Pohon Kelapa bagi kehidupan manusia? Jawabannya tentu saja sangat banyak karena kelapa termasuk tanaman zero waste. Artinya semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan atau bermanfaat bagi kehidupan manusia. Akar, Batang, Pelepah, Daun, Lidi, Batok, Sabut, Buah, Bunga dan Umbutnya bermanfaat atau dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Dikenal sebagai tanaman seribu manfaat, kelapa adalah nadi kehidupan petani pesisir yang memberikan konstribusi ekonomi kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Berdasarkan data yang kami peroleh di lapangan, pada saat ini harga buah kelapa tingkat petani adalah Rp2500 dan tingkat distributor Rp4000. Tentu saja itu adalah kabar gembira bagi pemerintah bahwa kelapa merupakan komoditi yang pantas diperhitungkan sebagai penopang kesejahteraan masyarakat petani.
manfaat tanaman kelapa
Sebagai contoh, salah satu petani di daerah penulis memiliki hampir 500 batang pohon kelapa. Dari pantauan kami dan wawancara dengan petani tersebut, setiap bulan dapat menghasilkan 20 ribu butir buah kelapa. Ini artinya, penghasilan petani kelapa tersebut adalah 50 juta setiap bulannya.

Manfaat Pohon Kelapa

manfaat pohon kelapa
Kelapa (Cocos Nucifera) adalah tanaman yang termasuk dalam suku aren-arenan yang dikenal sebagai pohon kehidupan. Kenapa tidak, seperti yang telah kami uraikan diatas bahwa setiap bagian kelapa hampir tidak ada yang terbuang dan dapat dimanfaatkan.

Pemanfaatan kelapa dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat menyaksikan bahwa kelapa pantas dinobatkan sebagai pohon kehidupan karena mampu dimanfaatkan semua bagiannya. Berbagai macam produk dapat dihasilkan dari pohon kelapa baik itu untuk kebutuhan rumah tangga sampai industri dalam skala besar.

Nah, pada kesempatan baik ini kami sampaikan manfaat pohon kelapa dan bagian-bagiannya. Silakan disimak dibawah ini!

Manfaat Buah Kelapa

manfaat buah kelapa
Kami telah sedikit menyinggung manfaat buah kelapa diatas. Selain sebagai komoditi, buah kelapa dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan untuk industri.

Manfaat buah kelapa dalam kehidupan sehari-hari dapat dijadikan sebagai bumbu penyedap, daging kelapa dapat dibuat berbagai macam kue, pakan ternak dan pupuk organik.

Buah kelapa terdiri dari 4 bagian yaitu kulit berserat yang disebut sabut, batok kelapa sebagai pelindung daging, daging kelapa dan air kelapa. 4 bagian dari buah kelapa tersebut masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Manfaat Sabut Kelapa

manfaat sabut kelapa
Sabut kelapa merupakan bagian terluar dari buah kelapa yaitu berupa serat berlignin yang disebut dengan mesokarp. Fungsi utama dari sabut kelapa adalah melindungi batok kelapa dari benturan keras saat terjatuh dari atas.

Sabut kelapa banyak dimanfaatkan dalam rumah tangga atau pun untuk industri. Pemanfaatan sabut kelapa sebagai keperluan rumah tangga sehari hari seperti sebagai bahan bakar pengganti kayu, gas atau bahan bakar minyak, untuk mencuci perabot yang berlemak sebagai pengganti spon.

Dalam bidang pertanian, sabut kelapa dapat diaplikasikan pada tanaman sebagai media penyerap air. Caranya cukup mudah, sediakan pot kemudian masukan sabut kelapa pada bagian paling bawah, timbun dengan tanah dan pot sudah bisa ditanami tanaman yang anda inginkan. Sabut kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik cair.

Dalam bidang industri kreatif, sabut kelapa dimanfaatkan antara lain:
  1. Kasur
  2. Keset
  3. Matras
  4. Jok Kendaraan
  5. Tali Tambang
  6. Karung Goni
  7. Peredam Getar dan Suara

Manfaat Batok Kelapa

manfaat batok kelapa
Batok kelapa merupakan bagian yang paling keras dari buah kelapa. Fungsi batok adalah melindungi daging dan air yang terkandung di dalam buah kelapa.

Batok kelapa memiliki manfaat yang sangat banyak dan dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti pertanian, industri kreatif dan kecil, industri rumah tangga dan lainnya.

Dalam bidang industri kreatif, batok kelapa dimanfaatkan untuk dibuat aneka kerajinan tangan seperti gayung, asbak, hiasan dinding, dan sendok.

Untuk industri rumah tangga, batok kelapa dimanfaatkan sebagai bahan bakar yang mempunyai kalori yang cukup tinggi. Jika anda hidup di masa tahun 90an, tentu masih ingat dengan setrika dari tembaga yang menggunakan arang batok kelapa sebagai pemanasnya. Selain itu, arang batok kelapa juga laku di pasaran dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Dalam bidang kesehatan, arang aktif batok kelapa digunakan untuk menetralisir kimia atau racun karena dapat menyerap gas karbondioksida dari fermentasi yang dihasilkan.

Manfaat Daging Kelapa

manfaat daging kelapa
Pemanfaatan daging kelapa terbagi kedalam 2 bagian yaitu daging yang sudah tua dan yang muda. Daging yang sudah tua dapat dimanfaatkan dengan dimakan secara langsung, diparud sebagai taburan aneka kue, diambil santannya dan dapat dibuat minyak kelapa yang disebut dengan VCO (Virgin Coconut Oil).

Daging kelapa yang masih muda bisa dimakan secara langsung dan rasanya sangat segar. Juga bisa dijadikan campuran minuman seperti es kelapa muda atau es kopyor untuk kelapa yang mengalami mutasi atau kelainan genetika.

Manfaat Air Kelapa

manfaat air kelapa
Secara umum ada 3 manfaat air kelapa bagi manusia yang telah kami sampaikan dalam tulisan kami yang berjudul Ragam Manfaat Air Kelapa bagi kehidupan manusia. Dalam tulisan tersebut, Anda bisa menemukan banyak sekali pemanfaatan air kelapa dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Manfaat Pelepah Kelapa

manfaat pelepah kelapa
Pelepah kelapa adalah bagian dari kelapa yang menempel pada batang kelapa tempat daun menempel. Bagian ini sering dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga sebagai bahan bakar.

Manfaat lain dari pelepah kelapa dapat dibuat pagar dan aneka kerajinan atau hiasan. Sering kali kita temukan terutama di desa banyak petani yang memanfaatkan pelepah kelapa sebagai pagar

Manfaat Daun Kelapa

manfaat daun kelapa
Pernahkah anda pergi kondangan? Jika pernah anda pasti melihat daun nyiur yang melambai-lambai atau di pelaminan melihat hiasan daun kelapa terutama dalam adat jawa.

Banyak sekali manfaat dari daun kelapa baik yang sudah tua, daun kelapa kering atau yang masih muda. Berikut dibawah ini ragam manfaat daun kelapa yang dapat kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari.
  1. Daun Kelapa yang masih muda dimanfaatkan antara lain untuk membuat ketupat, membuat janur, hiasan, dan upacara keagamaan.
  2. Daun Kelapa yang sudah tua dapat dibuat atap, anyaman ( di daerah sunda dikenal dengan nama cayut).
  3. Daun Kelapa yang sudah kering dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk tungku tradisional.

Manfaat Bunga Kelapa

manfaat bunga kelapa
Bunga kelapa dalam bahasa jawa disebut mayang dan dalam bahasa sunda disebut manggar atau biruluk. Bunga kelapa yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau dapat dimasak sebagai lalapan. Selain itu, batang mayang juga dapat diambil tuaknya untuk dijadikan gula aren atau dibuat cuka.

Manfaat Batang Kelapa

manfaat batang kelapa
Batang kelapa dapat mencapai tinggi sampai dengan 20 meter dan diamernya mencapai 50 cm. Batang kelapa merupakan bagian dari kelapa yang dimanfaatkan kayunya sebagai bahan bangunan, membuat jembatan sementara atau dapat dibuat aneka kerajian dan hiasan di dalam rumah.

Di pantai-pantai, batang kelapa dibuat tempat untuk berteduh dan biasanya dibiarkan alami tanpa dirubah terlebih dahulu dan merupakan tempat favorit wisatawan untuk berteduh.

Manfaat Akar Kelapa

manfaat akar kelapa
Akar kelapa merupakan insprisasi dalam bidang teknik sipil atau arsitektur. Banyak manfaat dari akar kelapa seperti dapat dibuat pewarna, dijadikan obat tradisional atau dapat juga dijadikan penahan air untuk mencegah abrasi atau banjir.

Penutup

Jika kita perhatikan dari uraian diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa semua bagian kelapa memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kita sebagai manusia. Mulai dari akar, batang, daun, buah, bunga pelepah kelapa dapat dimanfaatkan dan hampir tidak ada yang terbuang percuma.

Akhir akhir ini sedang trend bonsai kelapa yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Secara pribadi penulis pun memiliki beberapa koleksi bonsai kelapa.
Cie Desi
Berkarya demi bangsa, berjaya demi keluarga

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter