-->

23 Manfaat Meniran Untuk Kesehatan Tubuh

Post a Comment
DuniaManfaat.com - Tanaman meniran dikenal dengan tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat meniran untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi karena telah melalui berbagai macam penelitian.

Meniran atau dalam bahasa latin disebut Phyllanthus urinaria adalah gulma yang tumbuh liar di ladang penduduk atau di tanah lapang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman ini dapat tumbuh sampai dengan 50cm dengan ciri-ciri batang bulat dan basah, daun majemuk berukuran kecil lonjong.

Sebagian besar menganggap bahwa tanaman meniran dapat digunakan untuk obat penyakit kuning, disentri, batuk, demam, ayan, haid berlebihan dan malaria.

Hal ini perlu dikaji lebih lanjut, apakah benar meniran bermanfaat untuk kesehatan.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, sahabat DM tidak perlu khawatir karena duniamanfaat.com akan menyajikan fakta daun meniran yang di klaim "dapat meningkatkan kesehatan".

Klasifikasi Ilmiah Meniran

Meniran adalah sejenis rumput atau gulma yang tumbuh liar terutama di daerah yang lembab seperti selokan, saluran air, atau semak-semak yang ada di tanah lapang.
manfaat meniran untuk kesehatan
Meniran dapat tumbuh sampai daerah ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut.

Ciri utama meniran adalah batang yang bulat berwarna hijau, daun majemuk kecil yang biasanya berjumlah genap.

Zat yang terkandung dalam meniran

Meniran mengandung zat bermanfaat diantaranya:

Zat Filantin

Senyawa Filantin atau disebut juga dengan zat filantin adalah salah satu zat yang terkandung dalam ekstrak meniran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Zat ini berfungsi sebagai immodulator dan berdasarkan penelitian bahwa terjadi peningkatan kesehatan dalam uji klinik terhadap 40 pasien TBC.

Kalium

Kalium dalam tabel periodek dilambangkan dengan huruf "K" dengan nomor atom 19. Kalium termasuk dalam golongan logam alkali dimana sifat logam ini bermuatan ion positif.

Fungsi kalium dalam bidang kesehatan berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung.

23 Manfaat Meniran Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan mengkonsumsi Meniran banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh tubuh. Hal ini tidak terlepas dari kandungan ekstrak meniran yang terdiri dari beberapa zat penting yang sangat berkhasiat bagi tubuh.

Bagi sahabat DM yang sudah tidak sabar ingin mengetahui manfaat meniran untuk kesehatan tubuh, silahkan disimak 20+ manfaatnya dibawah ini:
  1. Obat radang ginjal
  2. Radang selaput lendir mata
  3. virus hepatitis
  4. Sebagai peluruh dahak
  5. Peluruh Haid
  6. Obat ayan
  7. Sakit gigi
  8. Sakit kuning
  9. Sariawan
  10. Antibakteri
  11. Obat kanker
  12. Infeksi saluran kencing
  13. Dapat merangsang keluarnya air seni
  14. Penyembuh diare
  15. Obat infeksi saluran pencernaan
  16. Mengatasi gangguan fungsi hati
  17. Obat anti luka
  18. Scabies
  19. Anti Demam
  20. Obat TBC/Paru
  21. Busung Air
  22. Anti Oksidan
  23. Hepatoprotektif

Seandainya sahabat memiliki salah satu penyakit diatas tidak ada salahnya jika mencoba terapi dengan daun meniran. Jika sobat mempunyai anak dan ingin si buah hati sehat, maka dapat membeli Stimuno yang mengandung ekstrak daun meniran dengan rasa yang disukai anak-anak.

Semoga informasi tentang 23 Manfaat Meniran Untuk Kesehatan Tubuh ini bermanfaat bagi sahabat dunia manfaat. Demikianlah yang dapat kami sampaikan.

Referensi: Isolasi Senyawa Filantin dari Daun Meniran

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter