-->

Ragam Manfaat Air Kelapa Bagi Manusia

Post a Comment
DuniaManfaat.com - Kelapa dalam bahasa latin disebut Cocos Nucifera adalah tanaman khas tropis terutama daerah pantai. Kelapa termasuk dalam golongan tanaman aren atau palem yang berbiji tunggal (monokotil) dan tanpa batang.

Anda yang tinggal di pinggir pantai tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini, Kelapa dapat dengan mudah ditemukan dan tumbuh subur berjejer di sepanjang garis pantai.

Kelapa dikenal dengan tanaman sejuta manfaat. semua bagian dari tanaman kelapa dapat dimanfaatkan dan berguna dalam kehidupan sehari-hari dan ragam manfaat tanaman kelapa ini sudah tak terbantahkan lagi dengan predikat zero waste.
kelapa
Pohonnya dapat dimanfaatkan untuk membuat rumah, lidi dari kelapa juga dapat dibuat sapu dan batok kelapa dapat dibuat berbagai macam kerajinan tangan atau souvenir.

Klasifikasi Ilmiah

Kelapa termasuk dalam kelompok suku aren-arenan atau Arecacae. Nama ilmiah kelapa adalah Cocos Nucifera yang merujuk pada seluruh bagian dalam tanaman kelapa meliputi akar, batang, daun, bunga dan buah.

Tabel Klasifikasi Ilmiah Kelapa
Kingdom Plantae
Sub Kingdom Viridiplantae
Infra Kingdom Streptophyta
Super Divisi Embryophyta
Divisi Tracheophyta
Sub Divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
super Ordo Lilianae
Ordo Arecales
Family Arecaceae
Genus Cocos L
Spesies Cocos nucifera L

Sebagai tanaman monokotil, kelapa tentu saja tidak memiliki akar tunggang ini memberikan inspirasi dalam dunia arsitek atau rancang bangun.

Dengan akar yang menjuntai, mampu menopang pohon kelapa yang tingginya bisa mencapai 30 meter dengan kokoh.

Syarat Tumbuh

Kelapa dapat tumbuh subur diketinggian 0 Mdpl sampai dengan 1000 mdpl. Namun, semakin tinggi tingkat ketinggian pertumbuhan kelapa semakin lambat.

Morfologi

Dari suku aren-arenan kelapa dapat dibedakan dengan cara mengetahui ciri-ciri morfologi kelapa. Bagi anda yang tinggal di pesisir pantai mungkin sudah tahu pohon kelapa dengan cara melihatnya saja.

Apa saja morfologi kelapa?
Berikut adalah tabel morfologi kelapa:
Tabel Morfologi Kelapa
Akar Serabut
Batang Bulat tanpa cabang
Daun Memanjang/Berpelepah/Berwarna Hijau
Bunga Disebut mayang berwarna kuning terdiri dari bunga jantan dan betina
Buah Kulit mengkilap dan dilapisi sabut,terdapat pelindung keras disebut batok, daging warna putih dan berair

3 Manfaat Air Kelapa Bagi Manusia

Secara umum ada 3 manfaat air kelapa yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Manfaat air kelapa ini tentu saja demi perbaikan taraf hidup manusia dan membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah kemanusian.

3 Manfaat umum air kelapa bagi manusia dapat dipandang dari penggunaannya seperti untuk kesehatan, industri dan dapat juga dimanfaatkan dalam bidang pertanian.

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

manfaat%2Bair%2Bkelapa%2Buntuk%2Bkesehatan
IDNTimes.com dalam artikelnya membahas manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh manusia. Kurang lebih terdapat 10 manfaat air kelapa bagi kesehatan diantaranya:
  1. Air kelapa dapat mengatasi dehidrasi.
  2. Dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Dapat menurunkan berat badan
  4. Sebagai pengganti minuman isotonik
  5. Dapat mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit
  6. Memperbaiki sistem pencernaan
  7. Menghaluskan kulit
  8. Baik untuk ibu hamil
  9. Dapat menyuburkan pria
  10. Sebagai detoks atau dapat menghilangkan racun dalam tubuh

Ni Komang Matalia Gandari dkk dalam jurnalnya berjudul "PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA MUDA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI BANJAR PISANG DESA TARO KABUPATEN GIANYAR" yang diterbitkan pada tahun 2015 melakukan penelitian terhadap 72 penderita hipertensi dengan rentang usia 35 tahun sampai 70 tahun menghasilkan kesimpulan bahwa terjadi perubahan yang signifikan terhadap perubahan tekanan darah penderita hipertensi dengan pemberian air kelapa terhadap responden tersebut.

Hal ini mengindikasikan bahwa air kelapa juga dapat mengobati dan mencegah penyakit darah tinggi dengan metode yang tepat.

Manfaat Air Kelapa Untuk Industri

Air kelapa juga dapat dimanfaatkan dalam bidang industri salah satunya adalah pembuatan nata de coco. Banyak sekali masyarakat yang memproduksi nata de coco sebagai usaha sampingan atau pun usaha pokok. Industri kecil ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama untuk makanan pendamping atau campuran minuman.
manfaat kelapa untuk industri
Nata de coco juga dapat digunakan untuk industri menengah dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku akustik dan sekat kedap suara.

Manfaat Air Kelapa Untuk Pertanian

Eliza Mayura dkk dalam penelitiannya di Buletin Penelitian Rempah dan Obat litbang pertanian mengeluarkan jurnal ilmiah yang berjudul "PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN FREKUENSI PEMBERIAN TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH CENGKEH" menghasilkan suatu kesimpulan bahwa Aplikasi air kelapa 600 ml satu kali pemberian berpengaruh lebih baik terhadap pertumbuhan vegetatif benih cengkeh.

Ini menunjukan bahwa air kelapa dapat dimanfaatkan untuk pertanian terutama dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman cengkeh dan yang lainnya.

Demikian sekilas informasi Ragam Manfaat Air Kelapa Bagi Manusia ini disampaikan yang disarikan dari berbagai sumber.
Referensi:

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter