-->

Mengenal Manfaat Tanaman Hias Bagi Manusia

Post a Comment
Manfaat tanaman hias bagi manusia bisa dilihat dari beberapa macam sudut pandang berdasarkan fungsinya. Pengelompokan jenis tanaman hias dinilai sesuai dengan tujuan penggunaannya. Selain itu, jenis tanaman hias terbagi ke dalam beberapa kategori seperti tanaman hias daun, tanaman hias batang, tanaman hias buah, tanaman hias bunga, dan tanaman hias akar. Dalam aspek estetika, tanaman hias memiliki tujuan utama yaitu memperindah suatu tempat atau ruangan sehingga lanskap suatu ruang dapat dinikmati.

Dalam keputusan Menteri Pertanian nomor 511/Kpts/PD.310/9/2006 TENTANG JENIS KOMODITI TANAMAN BINAAN DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN, DIREKTORAT JENDERAL TANAMAN PANGAN DAN DIREKTORAT JENDERAL HORTIKULTURA terdapat 117 jenis tanaman hias yang masuk dalam komoditi tanaman hias yang dijadikan tanaman binaan oleh menteri pertanian.

Banyak orang yang suka sekali dengan tanaman hias, pun sama halnya dengan pribadi saya sendiri mempunyai beberapa koleksi tanaman hias dan yang sedang saya suka saat ini adalah bonsai kelapa dan bonsai beringin.
manfaat tanaman hias
Ada kepuasan bathin saat kita merawat tanaman hias. Menanam dari biji berbeda dengan membeli dan ada pengalaman menarik saat merawat beberapa tanaman hias kesayangan. Saya menjaganya dengan penuh perhatian dan setiap hari selalu dilihat dan diperhatikan.

Apakah Anda seperti saya?

1. Manfaat Tanaman Hias

Pengertian tanaman hias itu sendiri adalah semua jenis tanaman yang ditanam dengan tujuan estetika atau hiasan. Namun selain dari sisi estetika, tanaman hias juga diambil manfaat lain tergantung dari jenis tanaman itu sendiri. Jadi, selain untuk estetika ruang juga disertai manfaat lain.

Ada banyak jenis tanaman hias yang dapat ditanam baik itu di ruang terbuka (tanaman hias eksterior ) bisa juga ditanam di dalam pot yang bisa dijadikan penghias ruangan ( tanaman hias indoor). Jenis tanaman hias dimaksud adalah jenis tanaman hias buah seperti Jeruk mini, buah naga mini, cabe hias, zaitun, tomat ceri, buah blackberry, dan apel kerdil. Jenis tanaman hias buah biasanya ada yang melalui proses pengkerdilan atau bonsai seperti apel kerdil dan jeruk. Manfaat tanaman hias buah selain untuk keindahan juga bisa dimanfaatkan buahnya untuk keperluan sehari-hari.

Apa manfaat tanaman hias bagi manusia?

Secara umum, tanaman hias memiliki 2 kategori manfaat yaitu manfaat fisik dan non-fisik. Manfaat fisik tanaman hias adalah manfaat yang terlihat secara jelas seperti rumah menjadi dingin, menahan terpaan sinar matahari atau meletakan tanaman hias di ruangan sehingga ruangan menjadi lebih indah. Adapun manfaat non-fisik adalah manfaat yang hanya dapat dirasakan melalui perasaan bathin saja seperti merasakan suasana senang dan tenteram di dalam rumah, menumbuhkan semangat si pemilik atau bahkan ada yang termotivasi atau mendapatkan sugesti bahwa tanaman hias tertentu bisa mendatangkan berkah.

Manfaat tanaman hias juga dibagi kedalam beberapa bidang yaitu bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan dan seni atau estetika. Berikut penjelasan manfaat tanaman hias ditinjau dari 4 aspek.

1.1. Manfaat tanaman hias di bidang ekonomi

Tanaman hias merupakan komoditas binaan dirjen tanaman pangan dan holtikultura menteri pertanian yang dapat diberdayakan untuk meningkatkan dan menggerakan ekonomi.

Tanaman hias adalah salah satu tanaman yang diperjualbelikan dengan harga yang cukup kompetitif. Berdasarkan situs ibad garden, Harga tanaman hias jenis bunga dimulai dari harga 15 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah.

Manfaat lain tanaman hias dibidang ekonomi adalah:
  1. Dapat meningkatkan taraf hidup petani
  2. Dapat meningkatkan devisa negara
  3. Menggerakan perekonomian penduduk suatu wilayah
  4. Menciptakan lapangan kerja
  5. Meningkatkan peluang bisnis

Pernahkah anda mendengar harga tanaman hias dengan harga yang fantastis?
Anda bisa menemukan harga tanaman hias yang bisa mencapai 5 milyar rupaih yaitu sejenis bonsai.

1.2. Manfaat tanaman hias di bidang kesehatan

manfaat tanaman hias untuk kesehatan
Banyak orang yang percaya bahwa tanaman hias sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ditinjau dari aspek psikologis, tanaman hias dapat meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik.

Tanaman hias juga dapat mengusir nyamuk dalam rumah, contohnya tanaman lavender, geranium, dan catnip. Aroma yang ditimbulkan dari tanaman ini sangat tidak disukai nyamuk atau serangga lainnya seperti lalat. Tanaman tersebut selain berfungsi sebagai tanaman hias juga dapat berfungsi sebagai tanaman obat.

Dikutip dari situs manfaat.co.id, ada 20 manfaat tanaman hias untuk kesehatan diantaranya:
  1. Melancarkan pencernaan
  2. Merapatkan miss V Wanita
  3. Mengatasi bengkak
  4. Menyehatkan mata
  5. Meningkatkan nafsu makan
  6. Dapat membunuh bakter
  7. Dapat mengusir nyamuk dan kecoa
  8. Mengatasi stres
  9. Mengurangi polusi di dalam ruangan

1.3. Manfaat tanaman hias di bidang lingkungan

manfaat tanaman hias bagi lingkungan
Semua jebis tanaman memegang peranan penting di bidang lingkungan tempat tinggal kita baik itu jenis tanaman biasa, tanaman obat, tanaman sayuran, tanaman hias atau pun tanaman obat.

Manfaat tanaman hias di bidang lingkungan adalah:
  • Dapat mencegah erosi
  • Dapat mengatasi polusi udara
  • Mengurangi bising
  • Dapat meningkatkan oksiden
  • Dapat mengurangi radikal bebas
  • Menyerap karbondioksida di udara

Jika anda perhatikan ketika sedang berada di jalan raya, banyak pohon yang ditanam dipinggir jalan. Pohon-pohon tersebut selain berfungsi sebagai tanaman hias, juga berfungsi sebagai pelindung jalan dan menyerap radikal bebas dari asap kendaraan. Jadi, selain mendapatkan nilai estetika juga mendapatkan manfaat lain yaitu keamanan.

1.4. Manfaat tanaman hias di bidang seni

Banyak orang yang menjadikan tanaman sebagai seni. Sebagai contoh seni mengkerdilkan tanaman yang berasal dari jepang yaitu bonsai. Bonsai merupakan suatu teknik mengkerdilkan tanaman di dalam pot dengan tujuan estetika atau seni.

Selain bonsai, ada juga yang disebut dengan kokedama yang sama berasal dari jepang juga. Dikutip dari dekoruma.com, yang dimaksud dengan kokedama adalah adalah wujud seni tanaman modern yang memadukan dedaunan dan bunga dengan ciri khas yang unik.

Manfaat lain tanaman hias dalam bidang seni adalah dekorasi ruangan, dekorasi taman, dan kebun mini. Ada kepuasan tersendiri saat kita melihat tanaman hias yang ada di rumah kita terutama kebun di depan rumah yang sangat indah.

Lanskap suatu ruang dapat dinikmati dengan tanaman hias yang memiliki sisi seni natural.

Demikian uraian yang sangat bermanfaat tentang manfaat tanaman hias bagi manusia. Selamat membaca!.
Cie Desi
Berkarya demi bangsa, berjaya demi keluarga

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter